" Ditengah situasi pandemi covid 19 pemerintah melalui Kementrian Kesehatan menekankan Protokol Kesehatan di tempat umum. Tempat dan fasilitas umum salah satunya kegiatan berolahraga.  Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Banyak masyarakat memanfaatkan waktu luangnya beraktivitas dengan olahraga, salah satunya yaitu dengan bersepeda, tak ayal kita sering sekali menjumpai di sepanjang jalan,keramaian, tempat umum. Nah ternyata, olahraga dengan bersepeda, kita tidak harus di tempat umum dan keramaian loh, kita bisa menggunakan sepeda statis, dan bahkan banyak beragam manfaatnya baik untuk kesehatan. Jenis olahraga ini bahkan minim risiko sehingga aman dan mudah untuk dilakukan kapan saja. Yuk mari simak manfaatnya :

 

1. Membantu menurunkan berat badan , 

Jika Anda ingin membakar kalori dan lemak dengan cepat, maka latihan sepeda statis bisa menjadi pilihan yang tepat. Mengayuh sepeda statis dapat membakar lebih dari 6000 kalori per jam. Banyaknya kalori yang terbakar bisa membantu Anda menurunkan berat badan dengan baik. Namun, hal ini juga bergantung pada intensitas latihan dan berat badan yang Anda miliki.

2. Memperkuat otot tubuh

Mengendarai sepeda statis dapat membantu membangun kekuatan otot tubuh. Gerakan mengayuh yang dilakukan bisa memperkuat otot betis, paha, perut, bahkan punggung. Apalagi jika sepeda tersebut memiliki pegangan, maka dapat melatih otot bisep, trisep, dan bahu menjadi lebih kuat.

3. Mengurangi stres

Latihan sepeda statis dapat mengurangi stres dan merangsang pelepasan hormon serotonin. Hormon ini bermanfaat dalam mengelola suasana hati. Latihan ini juga dapat memicu tubuh memproduksi endorfin yang mampu meningkatkan rasa bahagia dan nyaman.

4. Menguatkan jantung

Bersepeda, termasuk sepeda statis, dapat membuat jantung Anda terpompa dan bekerja lebih keras untuk memenuhi permintaan oksigen. Hal ini tentu bisa menguatkan jantung dan meningkatkan aliran darah serta oksigen ke seluruh tubuh.

5. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Latihan kardio secara teratur, termasuk latihan sepeda statis, telah terbukti menurunkan risiko diabetes tipe 2 secara signifikan. Latihan tersebut dapat membantu menjaga keseimbangan gula darah dan membuat tubuh lebih sensitif terhadap insulin.

6. Mempercepat pemulihan setelah cedera

Cedera dapat membuat otot melemah dan membuatnya sulit berolahraga. Namun, olahraga sepeda statis bisa Anda lakukan jika mengalami cedera ringan. Olahraga ini dapat meningkatkan aliran darah ke area yang cedera sehingga membuatnya lebih cepat pulih. Selain itu, latihan ini juga dapat mempertahankan kekuatan tubuh.

7. Meningkatkan fungsi otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sepeda statis dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif, memori, dan fokus otak. Hormon-hormon baik yang dilepaskan selama latihan bersepeda memainkan peran penting terhadap manfaat ini.

Ada tips aman melakukan olahraga sepeda statis buat pemula loh..

Berbeda dengan bersepeda biasa, latihan sepeda statis di dalam ruangan membuat Anda tak perlu khawatir dengan kondisi jalan maupun cuaca apalagi saat situasi pandemi covid 19 ini. Anda pun dapat berolahraga dengan aman pada suhu yang nyaman.

Selain itu, olahraga sepeda statis juga tak memberi banyak tekanan pada tulang dan sendi Anda. Hal ini menjadikannya sebagai latihan yang baik untuk orang yang sendinya bermasalah atau cedera, agar segera pulih. 

Meski demikian, sepeda statis juga bisa menimbulkan risiko yang sangat minim, seperti kelelahan otot akibat gerakan berulang atau tak sengaja jatuh dari sepeda. Oleh sebab itu, jika Anda tertarik melakukan latihan sepeda statis, ikuti tips aman berikut ini:

  • Pastikan kondisi Anda aman untuk melakukan latihan ini. Jika Anda memiliki riwayat hipertensi atau masalah jantung, sebelum mulai berolahraga sebaiknya konsultasikan pada dokter.
  • Posisikan tubuh dengan benar dan gunakan sepeda statis dengan tepat. Jika Anda tidak tahu cara menggunaknnya, Anda dapat meminta bantuan pelatih di pusat kebugaran.
  • Jangan memforsir tubuh dan berilah jeda waktu istirahat di sela-sela latihan. Sebab, memaksakan diri terlalu keras bisa membahayakan diri Anda.
  • Minum air putih dengan cukup. Meski fokus latihan, Anda tetap harus banyak minum air putih untuk menggantikan cairan yang terbuang. Jangan biarkan diri Anda dehidrasi sehingga merasa kehausan, pusing, penglihatan kabur, dan sebagainya.

Lakukan olahraga ini secara rutin untuk merasakan manfaat sepeda statis di atas. Saya sudah mencoba, Anda kapan?

Selamat mencoba yaaa.....  Salam sehat untuk kita semua!

 

Sumber : https://www.sehatq.com/artikel/7-manfaat-sepeda-statis-yang-baik-untuk-kesehatan