“KIAT SEHAT PASCA SANTAP DAGING “

Hari Raya Idul Adha sangat identik dengan berlimpahnya hidangan daging. Umat Islam umumnya menikmati berbagai ragan olahan daging tersebut bersama saudara dan keluarga. Tapi tanpa disadari  setiap pagi hingga menjalang malam penuh dengan menu berbahan danging.

Hal ini tentunya tidak baik dengan kesehatan, karena tubuh sangat memerlukan asupan sayur dan buah. Untuk menjaga tubuh kita tetap seimbang dalam pemenuhan gizi, berikut tipsnya :

  1. Menu sarapan bisa dimulai dengan dua hingga tiga gelas air hangat dan perasan lemon secukupnya.
  2. Pilihan hidangan selanjutnya adalah aneka buah, smoothie, dan olahan telur untuk memenuhi kebutuhan protein dan karbohidrat. Sereal atau pancake bisa menjadi pilihan jika bosan dengan olahan telur.Pilihan menu sarapan penting untuk menjaga keseimbangan diet saat Idul Adha. Kontrol diri atas aneka menu daging lebih mudah, dengan perut yang tidak terlalu lapar dan kebutuhan nutrisi yang tercukupi. Asupan kalori yang tidak terlalu banyak memudahkan kerja sistem pencernaan dan metabolisme tubuh.
    Makan daging terlalu banyak dalam waktu singkat bisa berakibat buruk pada sistem pencernaan. Selain mucul sebah, tubuh terlihat bengkak akibat asupan yang belum terolah sempurna. Menu daging sebaiknya dikonsumsi dalam porsi kecil untuk memudahkan pengolahannya.
  3. Selain makan, perayaan Idul Adha bisa diselingi aktivitas fisik di luar ruangan. Hal ini penting untuk membakar kalori yang mengendap dalam tubuh. Aktivitas bisa dilakukan seiring silaturahmi bersama anggota keluarga terdekat.
  4. Batasi porsi makan hidangan manis, supaya tidak mengganggu kesehatan tubuh. Dessert bisa dinikmati bersama dua hingga tiga orang, sehingga tidak mengabaikan kesehatan tubuh. Porsi hidangan juga tidak terlalu sedikit untuk memenuhi keinginan makan asupan manis.
  5. Cara mengolah daging bisa menambah atau mengurangi asupan kalori dalam tubuh. Tak ada yang membantah lezatnya daging yang diolah dengan tepung dan banyak minyak. Namun, kalori yang dihasilkan lebih banyak daripada daging yang dipanggang dengan bumbu dan minyak zaitun. Memanggang daging menjadi cara masak utama untuk menjaga kesehatan tubuh.

SUMBER : https://health.detik.com/diet/d-4178206/tips-biar-tetap-sehat-sehabis-pesta-daging/5/#news