Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah ( BIAS ) dan Penjarkes di 12 Sekolah Dasar  12 Agustus - 3 Sepetember di Kecamatan Wirobrajan 2020

BULAN IMUNISASI ANAK SEKOLAH (BIAS)

BIAS ialah bulan dimana seluruh kegiatan imunisasi dilaksanakan di seluruh Indonesia oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Agama dan Menteri Kesehatan.

Imunisasi dalah pemberian vaksin dengan tujuan agar mendapatkan perlindungan (kekebalan) dari penyakit infeksi yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I).

Tujuan salah satu pelaksanaan BIAS yang dilaksanakan di Puskesmas Wirobrajan adalah mencegah serta mempertahankan kekebalan dalam tubuh pengendalian penyakit Campak dalam jangka panjang melalui imunisasi Campak dan HPV.

Imunisasi yang diberikan pada BIAS ada dua jenis yaitu:

  1. Vaksin MR (vaksin campak dan rubella) 

Imunisasi campak biasanya diberikan pada anak kelas I, Imunisasi ini sering disebut Tampek (Betawi), Gabagan (Jawa), Madewa (Bali), Mazelen (Belanda), Maesles (Inggris) dan Morbili (Latin) adalah penyakit yang sangat berbahaya untuk bayi dan anak karena sering disertai komplikasi bronchopneumonia yang banyak menyebabkan kematian pada bayi dan anak.

Bahaya penyakit campak adalah panas tinggi, radang mulut dan tenggorokan, diare, radang otak, gizi memburuk, radang paru.

Cara penularannya secara kontak langsung dan melalui pernafasan penderita. Siswa yang terkena campak sebaiknya tidak diijinkan sekolah sampai sembuh agar tidak terkaji penularan ke teman-temannya.

Pencegahannya dengan pemberian imunisasi Campak pada waktu bayi (9 bulan) dan diulang (booster) kembali pada waktu kelas I SD untuk menambah kekebalan seumur hidup.

  1. HPV (human papillomavirus)

Ada penambahan program baru di tahun 2020 yaitu vaksin HPV. Pemberian vaksin ini pada anak kelas 5 dan 6 dengan jenis kelamin perempuan. Vaksin HPV adalah jenis vaksin yang berfungsi untuk mencegah infeksi virus HPV (human papillomavirus) atau secara umumnya penyakit menular seksual (PMS).Vaksin HPV umumnya diberikan kepada perempuan sebelum aktif melakukan hubungan seksual.

 

Pada masa pandemi covid 19 Puskesmas Wirobrajan melakukan BIAS serta Penjaringan kesehatan selama 1  kali setahun yaitu pada :

  1. Bulan Agustus untuk pemberian imunisasi Campak pada anak kelas I dan HPV pada anak kelas 5 dan 6 SD dengan jenis kelamin perempuan.

 

BIAS dilaksanakan di seluruh Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) negeri dan swasta,dengan melakukan protokol kesehatan. Adapun Jumlah sasaran SD di wilayah Puskesmas Wirobrajan adalah sebanyak 12 sekolah.

Bagi anak yang tidak mengikuti selama kegiatan BIAS di sekolah  pelaksanaan BIAS untuk diajak ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan imunisasi, sedangkan untuk anak yang sakit pemberian imunisasi ditunda dan apabila sembuh agar diajak ke puskesmas terdekat untuk diimunisasi.

SUMBER :

puskesmaskutaselatan.com/bulan-imunisasi-anak-sekolah-bias-2/

id.scribd.com/presentation/397089907/Bahan-PENJARKES

health.detik.com/berita-detikhealth/d-4668730/seputar-imunisasi-mr-manfaat-sampai-efek-sampingnya