VAKSINASI COVID-19 KEMANTREN WIROBRAJAN

Kemantren Wirobrajan bersama dengan Puskesmas Wirobrajan telah melaksanakan vaksinasi COVID-19 di wilayah Kemantren Wirobrajan pada Senin 29 Maret 2021 lalu. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan secara masal di SMAN 1 Yogyakarta dengan bekerja sama dengan lintas sektoral yaitu Pemerintah Kemantren, Kelurahan, LinMas, Sekolah, Dinas Kesehatan dan Puskesmas serta jejaring Fasilitas Kesehatan di Kemantren Wirobrajan. Kegiatan ini dihadiri oleh pedagang pasar, tokoh agama dan tokoh masyarakat dengan total penerima vaksin berjumlah 740 orang.

Pedagang pasar menjadi prioritas vaksinasi setelah tenaga kesehatan dan lansia. Pedagang pasar kerap berinteraksi dengan banyak orang sehingga dikhawatirkan akan terjadi paparan dan menularkan COVID-19 saat bertransaksi. Vaksinasi dilakukan untuk meningkatkan kekebalan komunitas. Setelah vaksinasi, penerima vaksin juga diberikan penyuluhan untuk tetap menerepkan protokol kesehatan.

Wakil Walikota Yogyakarta, Drs. Heroe Poerwadi, MA sekaligus Ketua Harian Satgas COVID-19 Kota Yogyakarta ikut meninjau pelaksanaan vaksinasi dan mengapreasiasi panitia atas kesiapan panitia dan ketertiban peserta pada pelaksanaan vaksinasi kali ini. Selain itu, Ia juga berinteraksi dengan penerima vaksin meja observasi. Dalam kunjungannya ini, ia juga berharap agar vaksinasi yang dilakukan dapat membantu mengendalikan pandemi COVID-19 di Kota Yogyakarta.

Puskesmas Wirobrajan berterima kasih atas seluruh pihak yang membantu dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 serta animo dan ketertiban penerima vaksin selama proses vaksinasi berlangsung. Saat ini Puskesmas Wirobrajan sedang mempersiapkan vaksinasi bagi pelaku ekonomi lainnya dan vaksinasi dosis kedua yang nantinya akan diselenggarakan pada Senin, 12 April 2021 yang bertempat di SMAN 1 Yogyakarta.