STANDAR PELAYANAN DI PUSKESMAS WIROBRAJAN

 

PUSKESMAS WIROBRAJAN

PELAYANAN KESEHATAN UMUM

 

 

PERSYARATAN PELAYANAN

Pasien sudah terdaftar di loket pendaftaran

ALUR PELAYANAN

  1. Pasien membawa berkas persyaratan pendaftaran.
  2. Pasien mendaftar di loket pendaftaran.
  3. Pasien menunggu panggilan sesuai nomor antrian.
  4. Petugas melakukan anamnesis kepada pasien.
  5. Petugas melakukan pemeriksaan kepada pasien.
  6. Petugas melakukan pemeriksaan penunjang apabila diperlukan.
  7. Petugas menyampaikan diagnosis dan rencana tatalaksana kepada pasien, bisa berupa terapi obat, tindakan, atau rujukan.
  8. Pasien menyelesaikan administrasi di kasir.
  9. Pasien menuju loket farmasi apabila diberi resep obat oleh dokter.
  10. Pasien menuju ruang tindakan apabila diberi pengantar tindakan.
  11. Pasien pulang.

JANGKA WAKTU PELAYANAN

Pelayanan non tindakan             :   5 – 10 menit

Pelayanan tindakan medik         : 15 – 30 menit

Konsultasi dokter                      : 15 – 30 menit

PRODUK PELAYANAN

  1. Mendapatkan pemeriksaan dan penjelasan tentang kondisi  pasien  serta  mendapatkan  penyuluhan/ KIE.
  2. Mendapatkan tindakan yang diperlukan.
  3. Mendapatkan  resep  oleh  dokter  sesuai  dengan diagnosis.
  4. Mendapatkan   surat   keterangan   sakit   apabila diperlukan.
  5. Mendapatkan  surat  keterangan  sehat  apabila meminta surat keterangan sehat.
  6. Mendapatkan surat rujukan apabila diperlukan.

 

 

           
     
 
     
 
   
 
     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PUSKESMAS WIROBRAJAN

PELAYANAN KESEHATAN GIGI

 

 

PRODUK PELAYANAN

  1. Pelayanan medis dan penyuluhan (KIE)
  2. Mendapatkan resep sesuai dengan diagnosis.
  3. Surat pengantar pemeriksaan laboratorium.
  4. Mendapatkan tindakan yang diperlukan.
  5. Mendapatkan   surat   keterangan   sakit   apabila diperlukan.
  6. Mendapatkan surat rujukan apabila diperlukan.

 

 
   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PERSYARATAN PELAYANAN

Pasien sudah terdaftar di loket pendaftaran

JANGKA WAKTU PELAYANAN

Untuk kasus ringan           : maksimal 15 menit

Untuk kasus berat   : lebih > 15 menit

ALUR PELAYANAN

  1. Pasien membawa berkas persyaratan pendaftaran.
  2. Pasien mendaftar di loket pendaftaran.
  3. Pasien dipanggil sesuai nomor antrean.
  4. Petugas melakukan anamnesa dan pemeriksaan kepada pasien sesuai keluhan
  5. Pasien  diberikan  informasi  mengenai  tindakan yang akan dilakukan.
  6. Petugas melakukan pemeriksaan penunjang apabila diperlukan
  7. Petugas memberikan rujukan ke Faskes Lanjutan (Rumah Sakit) apabila diperlukan.
  8. Petugas memberi resep obat.
  9. Pasien dipersilakan mengantre obat di Apotek.
  10. Pasien pulang

 

           
     
 
   
 
     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PUSKESMAS WIROBRAJAN

PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK

 

 

PERSYARATAN PELAYANAN

Pasien sudah terdaftar di loket pendaftaran

PRODUK PELAYANAN

  1. Pemeriksaan Ibu Hamil
  2. Pemeriksaan Ibu Nifas
  3. Pemeriksaan Bayi Sehat / Imunisasi (HB Uniject, BCG, Pentabio, IPV, PCV dan MR)
  4. Pemeriksaan KB (IUD, Implant, Suntik 3 bulan, Pil dan Kondom)
  5. Pemeriksaan Calon Pengantin

 

     
     
 
   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ALUR PELAYANAN

  1. Pasien membawa berkas persyaratan pendaftaran.
  2. Pasien mendaftar di loket pendaftaran.
  3. Pasien dipanggil sesuai nomor antrean.
  4. Petugas melakukan anamnesa dan pemeriksaan kepada pasien
  5. Petugas melakukan pemeriksaan penunjang apabila diperlukan
  6. Pasien diberikan informasi mengenai tindakan yang akan dilakukan.
  7. Petugas memberikan rujukan ke Faskes Lanjutan (Rumah Sakit) apabila diperlukan.
  8. Petugas memberi resep obat.
  9. Pasien dipersilakan mengantri obat di Apotek.
  10. Pasien pulang

 

  1. Pasien dipersilakan mengantre obat di Apotek..
  2. Pasien pulang.

JANGKA WAKTU PELAYANAN

Layanan ANC/periksa hamil I               :   2 jam

Layanan ANC/periksa hamil ulang        : 30 menit

Layanan KB                                        : 15 menit

Layanan Imunisasi                    : 30 menit

Layanan Calon Pengantin           :   1 jam

 

       
   
 
     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PUSKESMAS WIROBRAJAN

PELAYANAN LABORATORIUM

 

 

PERSYARATAN PELAYANAN

Pasien telah melaksanakan/ melalui tahapan prosedur pemeriksaan Puskesmas Wirobrajan, dengan telah mendapatkan formulir permintaan pemeriksaan

ALUR PELAYANAN

  1. Petugas memanggil pasien
  2. Petugas  melakukan  identifikasi  dan  dokumentasi formulir permintaan pemeriksaan Petugas  melakukan  pengambilan  sampel  sesuai formulir permintaan pemeriksaan
  3. Petugas  mempersilakan  pasien  untuk  menunggu hasil pemeriksaan.
  4. Petugas  memberikan  hasil  pemeriksaan  kepada pasien.

PRODUK PELAYANAN

Pemeriksaan Laboratorium

 

       
   
 
   
 
     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JANGKA WAKTU PELAYANAN

Pengambilan sampel                            : 5 – 10   menit

Pemeriksaan                                        : 5 – 120 menit

 

 
   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PUSKESMAS WIROBRAJAN

PELAYANAN GIZI

 

 

PERSYARATAN PELAYANAN

Pasien datang atas permintaan sendiri dan pasien datang membawa rujukan konseling gizi.

ALUR PELAYANAN

  1. Petugas menerima pasien konsultasi di ruang gizi
  2. Petugas menerima rekam medic pasien
  3. Petugas menanyakan identitas pasien
  4. Petugas mencocokkan identitas pasien dengan rekam medik pasien.
  5. Petugas melakukan asesmen gizi mulai dengan pengukuran antropometri pada pasien yang belum ada data (BB, TB, LILA),kemudian dicatat di rekam medis pasien
  6. Petugas melakukan asesmen pengkajian gizi berupa anamnesa riwayat makan, riwayat penyakit, hasil laboratorium dan fisik klinis bila ada.
  7. Petugas menganalisa semua data asesmen gizi
  8. Petugas menentukan diagnosa gizi
  9. Petugas memberikan intervensi gizi berupa edukasi dan konseling dengan langkah menyiapkan leaflet diet sesuai penyakit dan kebutuhan gizi pasien
  10. Petugas penjelaskan tujuan diet dan menjelaskan tentang makanan yang dianjurkan dan tidak dianjurkan.
  11. Petugas menjadwalkan kunjungan ulang pada pasien
  12. Petugas mempersilakan pasien meninggalkan ruang gizi jika konsultasi sudah selesai.

JANGKA WAKTU PELAYANAN

+  30 menit

PRODUK PELAYANAN

Konseling Gizi

 

         
   
 
   
 
     
 
   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PUSKESMAS WIROBRAJAN

PELAYANAN FARMASI

 

 

PERSYARATAN PELAYANAN

Pasien membawa resep dari poli yang sudah distempel oleh kasir.

ALUR PELAYANAN

  1. Pasien membawa resep.
  2. Petugas farmasi skrining resep.
  3. Petugas farmasi menyiapkan obat racikan/non racikan.
  4. Petugas farmasi menulis etiket obat.
  5. Pasien farmasi memanggil nama pasien dan alamat pasien.
  6. Petugas farmasi memberi informasi obat berupa penggunaan dan efek samping obat.
  7. Petugas farmasi melakukan  konfirmasi  jika  resep  tidak sesuai atau tidak jelas kepada pemberi resep.
  8. Petugas farmasi menyiapkan obat jika resep sudah sesuai.
  9. Petugas  farmasi memanggil   dan   menyerahkan   obat kepada pasien sesuai resep. Pasien menandatangani di resep setelah menerima obat dan petugas memberi paraf pada resep setelah menyerahkan obat

JANGKA WAKTU PELAYANAN

Resep Non Racikan        :   5-10menit

Resep Racikan               : 10-15 menit

PRODUK PELAYANAN

  1. Pemberian Obat
  2. Pemberian Informasi Obat
  1. Dosis minum obat
  2. Waktu minum obat
  3. Cara minum obat
  4. Indikasi obat
  5. Adanya kemungkinan terjadinya alergi/efek samping yang muncul
  1. Konseling Obat
  2. MESO

 

         
   
 
   
 
     
 
   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PUSKESMAS WIROBRAJAN

PELAYANAN PSIKOLOGI

 

PERSYARATAN PELAYANAN

Pasien telah melakukan pendaftaran di Puskesmas Wirobrajan atau mendapatkan rujukan secara internal atau eksternal untuk melakukan konsultasi psikologi di Puskesmas Wirobrajan.

PRODUK PELAYANAN

Konsultasi Permasalahan Psikologi

 

       
     
 
   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ALUR PELAYANAN

  1. Pasien melakukan pendaftaran untuk konsultasi Psikologi atau telah mendapatkan rujukan secara internal atau eksternal untuk ke Poli Psikologi;
  2. Pasien mengambil nomor urutan antrian di pintu Poli Psikologi yang telah disediakan;
  3. Pasien masuk ke ruangan sesuai nomor urutan antrian dan akan dipanggil oleh Petugas.
  4. Petugas  melakukan  identifikasi  pasien dengan mengecek rekam medis pasien.
  5. Petugas membangun building rapport kepada pasien dengan menanyakan kabar dan menyampaikan durasi waktu konsultasi psikologi.
  6. Petugas melakukan asesmen psikologi kepada Pasien dan menuliskan hasil asesmen pada formulir Rekam Pemeriksaan Psikologi.
  7. Petugas menentukan diagnosis Pasien.
  8. Petugas melakukan intervensi sesuai kebutuhan psikologis Pasien.
  9. Petugas membuat rencana tindak lanjut bersama Pasien untuk monitoring dan evaluasi perkembangan Pasien.
  10. Petugas dapat merujuk Pasien secara internal atau eksternal apabila dibutuhkan.
  11. Petugas melakukan terminasi kepada pasien untuk mengakhiri sesi.
  12. Petugas mempersilahkan pasien pulang, kemudian menulis hasil pemeriksaan di Rekam Medis dan Rekam Pemeriksaan Psikologi pasien.

JANGKA WAKTU PELAYANAN

  • Konsultasi dan pemeriksaan maksimal 30 menit untuk Pasien Calon Pengantin, Ibu Hamil ANC Terpadu, dan Calon Haji.
  • Konsultasi dan pemeriksaan maksimal 60 menit untuk Pasien Atas Permintaan Sendiri (APS) dan rujukan internal atau eksternal.

 

       
   
 
     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Standar Pelayanan Publik Unit Poli Pelayanan Umum

 

NO

KOMPONEN

URAIAN

  1.  

Produk Pelayanan

  1. Mendapatkan pemeriksaan dan penjelasan tentang kondisi  pasien  serta  mendapatkan  penyuluhan/ KIE.
  2. Mendapatkan tindakan yang diperlukan.
  3. Mendapatkan  resep  oleh  dokter  sesuai  dengan diagnosis.
  4. Mendapatkan   surat   keterangan   sakit   apabila diperlukan.
  5. Mendapatkan  surat  keterangan  sehat  apabila meminta surat keterangan sehat.
  6. Mendapatkan surat rujukan apabila diperlukan.
  1.  

Persyaratan Pelayanan

Pasien sudah terdaftar di loket pendaftaran

  1.  

Sistem,  Mekanisme,  dan Prosedur

  1. Pasien membawa berkas persyaratan pendaftaran.
  2. Pasien mendaftar di loket pendaftaran.
  3. Pasien menunggu panggilan sesuai nomor antrian.
  4. Petugas melakukan anamnesis kepada pasien.
  5. Petugas melakukan pemeriksaan kepada pasien.
  6. Petugas melakukan pemeriksaan penunjang apabila diperlukan.
  7. Petugas menyampaikan diagnosis dan rencana tatalaksana kepada pasien, bisa berupa terapi obat, tindakan, atau rujukan.
  8. Pasien menyelesaikan administrasi di kasir.
  9. Pasien menuju loket farmasi apabila diberi resep obat oleh dokter.
  10. Pasien menuju ruang tindakan apabila diberi pengantar tindakan.
  11. Pasien pulang.
  1.  

Jangka Waktu Pelayanan

35 menit

  1.  

Sarana dan Prasarana (Fasilitas)

  1. Meja anamnesa/ meja perawat
  2. Meja periksa/ meja dokter
  3. Tempat tidur periksa
  4. Meja tindakan
  5. Alat tindakan
  6. Bahan habis pakai
  7. Tensimeter
  8. Termometer
  9. Stetoskop
  10. Senter
  11. Timbangan
  12. Microtoise
  13. Komputer
  14. Printer
  1.  

Kompetensi Pelaksana

Dokter Umum (S-1 Profesi Kedokteran)

Perawat (Minimal D-3 Keperawatan)

  1.  

Jumlah Pelaksana

4 dokter

5 perawat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Standar Pelayanan Publik Unit Poli Pelayanan Gigi

 

NO

KOMPONEN

URAIAN

  1.  

Produk Pelayanan

  1. Pelayanan medis dan penyuluhan (KIE)
  2. Mendapatkan resep sesuai dengan diagnosis.
  3. Surat pengantar pemeriksaan laboratorium.
  4. Mendapatkan tindakan yang diperlukan.
  5. Mendapatkan   surat   keterangan   sakit   apabila diperlukan.
  6. Mendapatkan surat rujukan apabila diperlukan.
  1.  

Persyaratan Pelayanan

Pasien sudah terdaftar di loket pendaftaran

  1.  

Sistem,  Mekanisme,  dan Prosedur

  1. Pasien membawa berkas persyaratan pendaftaran.
  2. Pasien mendaftar di loket pendaftaran.
  3. Pasien dipanggil sesuai nomor antrean.
  4. Petugas melakukan anamnesa dan pemeriksaan kepada pasien sesuai keluhan
  5. Pasien  diberikan  informasi  mengenai  tindakan yang akan dilakukan.
  6. Petugas melakukan pemeriksaan penunjang apabila diperlukan
  7. Petugas memberikan rujukan ke Faskes Lanjutan (Rumah Sakit) apabila diperlukan.
  8. Petugas memberi resep obat.
  9. Pasien dipersilakan mengantre obat di Apotek.
  1.  

Jangka Waktu Pelayanan

Untuk kasus ringan : maksimal 15 menit

Untuk kasus berat : lebih > 15 menit

  1.  

Sarana dan Prasarana (Fasilitas)

  1. Meja anamnesa/ meja perawat
  2. Meja periksa/ meja dokter
  3. Dental unit
  4. Kompresor
  5. Tensimeter
  6. Stetoskop
  7. Timbangan
  8. Thermometer
  9. Sterilisator
  10. Alat tindakan
  11. Komputer
  12. Printer
  1.  

Kompetensi Pelaksana

Dokter Gigi (S-1 Profesi Kedokteran Gigi)

Perawat Gigi (Minimal D-3 Keperawatan Gigi)

  1.  

Jumlah Pelaksana

1 Dokter gigi

2 Perawat gigi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Standar Pelayanan Publik Unit KIA

 

NO

KOMPONEN

URAIAN

  1.  

Produk Pelayanan

  1. Pemeriksaan Ibu Hamil
  2. Pemeriksaan Ibu Nifas
  3. Pemeriksaan Bayi Sehat / Imunisasi (HB Uniject, BCG, Pentabio, IPV, PCV dan MR)
  4. Pemeriksaan KB (IUD, Implant, Suntik 3 bulan, Pil dan Kondom)
  5. Pemeriksaan Calon Pengantin
  1.  

Persyaratan Pelayanan

Pasien sudah terdaftar di loket pendaftaran

  1.  

Sistem,  Mekanisme,  dan Prosedur

  1. Pasien membawa berkas persyaratan pendaftaran.
  2. Pasien mendaftar di loket pendaftaran.
  3. Pasien dipanggil sesuai nomor antrean.
  4. Petugas melakukan anamnesa dan pemeriksaan kepada pasien
  5. Petugas melakukan pemeriksaan penunjang apabila diperlukan
  6. Pasien diberikan informasi mengenai tindakan yang akan dilakukan.
  7. Petugas memberikan rujukan ke Faskes Lanjutan (Rumah Sakit) apabila diperlukan.
  8. Petugas memberi resep obat.
  9. Pasien dipersilakan mengantri obat di Apotek.
  1.  

Jangka Waktu Pelayanan

30 - 60 menit

  1.  

Sarana dan Prasarana (Fasilitas)

  1. Meja periksa
  2. Kursi petugas
  3. Kursi Periksa
  4. Timbangan Bayi
  5. Infantometer
  6. Thermometer
  7. Stetoscop
  8. Tensimeter
  9. Timbangan Dewasa
  10. Microtoa
  11. Meetline
  12. Doppler
  13. USG
  14. Tempat tidur (Gyn bed)
  15. IUD Kit
  16. Kit Implant Remover
  17. Lampu Tindakan
  18. Sterilisator
  19. Komputer
  20. Printer
  1.  

Kompetensi Pelaksana

Dokter Umum (S-1 Profesi Kedokteran)

Bidan (Minimal D-3 Kebidanan)

  1.  

Jumlah Pelaksana

1 dokter umum (sebagai konsultan)

4 bidan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Standar Pelayanan Publik Unit Laboratorium

 

NO

KOMPONEN

URAIAN

  1.  

Produk Pelayanan

Pemeriksaan Laboratorium

  1.  

Persyaratan Pelayanan

Pasien telah melaksanakan/ melalui tahapan prosedur pemeriksaan Puskesmas Wirobrajan, dengan telah mendapatkan formulir permintaan pemeriksaan

  1.  

Sistem,  Mekanisme,  dan Prosedur

  1. Petugas memanggil pasien
  2. Petugas  melakukan  identifikasi  dan  dokumentasi formulir permintaan pemeriksaan Petugas  melakukan  pengambilan  sampel  sesuai formulir permintaan pemeriksaan
  3. Petugas  mempersilakan  pasien  untuk  menunggu hasil pemeriksaan.
  4. Petugas  memberikan  hasil  pemeriksaan  kepada pasien.
  1.  

Jangka Waktu Pelayanan

  1. KIMIA DARAH
  1. Gula Darah  = 30 menit
  2. Cholesterol Total =  30 menit
  3. Cholesterol HDL = 60 menit
  4. Cholesterol LDL = 40 menit
  5. Trigliserida = 30 menit
  6. Asam Urat = 30 menit
  7. Ureum = 30 menit
  8. Creatinin = 30 menit
  9. SGOT = 30 menit
  10. SGPT = 30 menit

II. HEMATOLOGI

  1. Darah rutin otomatis = 20 menit
  2. Darah rutin = 90 menit
  3. Hemoglobin = 10 menit
  4. Clotting time = 30 menit
  5. Bleeding time = 20 menit
  6. Golongan darah = 10 menit
  7. Rhesus = 10 menit
  8. Laju Endap Darah = 90 menit
  9. Malaria = 40 menit

III. URINALISA

  1. Urin rutin = 30 menit
  2. Reduksi = 10 menit
  3. Protein = 10 menit
  4. Sedimen = 30 menit
  5. Tes kehamilan = 10 menit

IV. LAIN-LAIN

  1. Widal = 30 menit
  2. HIV = 40 menit
  3. Gonorrhoeae = 40 menit
  4. RPR = 60 menit
  5. NAPZA = 20 menit
  6. TPHA = 30 menit
  7. HBsAg = 30 menit
  8. Faeces rutin = 30 menit
  9. BTA = 120 menit
  10. IMS = 40 menit
  11. Shypilis = 40 menit
  12. NS1, IgG, IgM = 30 menit
  1.  

Sarana dan Prasarana (Fasilitas)

  1. Meja petugas
  2. Centrifuge
  3. Hematology Analyzer
  4. Fotometer
  5. Mixer
  6. Mikroskop
  7. Kulkas
  8. Mikropipet
  9. AC
  10. Komputer
  11. Printer
  1.  

Kompetensi Pelaksana

Pranata Laboratorium Kesehatan (pendidikan minimal D-3 Analisis Laboratorium)

  1.  

Jumlah Pelaksana

2 D3 Pranata Laboratorium Kesehatan

1 D4 Pranata Laboratorium Kesehatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Standar Pelayanan Publik Unit Gizi

 

NO

KOMPONEN

URAIAN

  1.  

Produk Pelayanan

Konseling gizi

  1.  

Persyaratan Pelayanan

Pasien datang atas permintaan sendiri dan pasien datang membawa rujukan konseling gizi.

  1.  

Sistem,  Mekanisme,  dan Prosedur

    1. Petugas menerima pasien konsultasi di ruang gizi
    2. Petugas menerima rekam medic pasien
    3. Petugas menanyakan identitas pasien
    4. Petugas mencocokkan identitas pasien dengan rekam medik pasien.
    5. Petugas melakukan asesmen gizi mulai dengan pengukuran antropometri pada pasien yang belum ada data (BB, TB, LILA),kemudian dicatat di rekam medis pasien
    6. Petugas melakukan asesmen pengkajian gizi berupa anamnesa riwayat makan, riwayat penyakit, hasil laboratorium dan fisik klinis bila ada.
    7. Petugas menganalisa semua data asesmen gizi
    8. Petugas menentukan diagnosa gizi
    9. Petugas memberikan intervensi gizi berupa edukasi dan konseling dengan langkah menyiapkan leaflet diet sesuai penyakit dan kebutuhan gizi pasien
    10. Petugas penjelaskan tujuan diet dan menjelaskan tentang makanan yang dianjurkan dan tidak dianjurkan.
    11. Petugas menjadwalkan kunjungan ulang pada pasien
    12. Petugas mempersilakan pasien meninggalkan ruang gizi jika konsultasi sudah selesai.
  1.  

Jangka Waktu Pelayanan

± 30 menit

  1.  

Sarana dan Prasarana (Fasilitas)

  1. Meja petugas
  2. Timbangan badan
  3. Microtoise (alat ukur tinggi badan)
  4. Pengukur LILA (lingkar lengan atas)
  5. Food model
  6. Leaflet Diet
  1.  

Kompetensi Pelaksana

Nutrisionis (pendidikan minimal D-3 Gizi)

  1.  

Jumlah Pelaksana

3 nutrisionis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Standar Pelayanan Publik Unit Farmasi

 

NO

KOMPONEN

URAIAN

  1.  

Produk Pelayanan

  1. Pemberian Obat
  2. Pemberian Informasi Obat
  1. Dosis minum obat
  2. Waktu minum obat
  3. Cara minum obat
  4. Indikasi obat
  5. Adanya kemungkinan terjadinya alergi/efek samping yang muncul
  1. Konseling Obat
  2. MESO
  1.  

Persyaratan Pelayanan

Pasien membawa resep dari poli yang sudah distempel oleh kasir.

  1.  

Sistem,  Mekanisme,  dan Prosedur

  1. Pasien membawa resep.
  2. Petugas farmasi skrining resep.
  3. Petugas farmasi menyiapkan obat racikan/non racikan.
  4. Petugas farmasi menulis etiket obat.
  5. Pasien farmasi memanggil nama pasien dan alamat pasien.
  6. Petugas farmasi memberi informasi obat berupa penggunaan dan efek samping obat.
  7. Petugas farmasi melakukan  konfirmasi  jika  resep  tidak sesuai atau tidak jelas kepada pemberi resep.
  8. Petugas farmasi menyiapkan obat jika resep sudah sesuai.
  9. Petugas  farmasi memanggil   dan   menyerahkan   obat kepada pasien sesuai resep. Pasien menandatangani di resep setelah menerima obat dan petugas memberi paraf pada resep setelah menyerahkan obat
  1.  

Jangka Waktu Pelayanan

Resep Non Racikan : 5-10menit

Resep Racikan : 10-15 menit

  1.  

Sarana dan Prasarana (Fasilitas)

  1. Meja pemberian obat
  2. Meja peracikan obat
  3. Kursi petugas
  4. Alat penghalus obat racikan (blender, mortar dan alu penumbuk)
  5. Alat  kelengkapan  farmasi  lainnya  (plastik,  etiket, kertas obat racikan, dll)
  6. Alat tulis kantor
  7. Komputer
  8. Printer
  1.  

Kompetensi Pelaksana

Apoteker (S-1 Profesi Apoteker)

Tenaga Teknis Kefarmasian (Minimal D-3 Farmasi)

  1.  

Jumlah Pelaksana

1  orang Apoteker

3 orangTenaga Teknis Kefarmasian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Standar Pelayanan Publik Unit Psikologi

 

NO

KOMPONEN

URAIAN

  1.  

Produk Pelayanan

Konsultasi Permasalahan Psikologi

  1.  

Persyaratan Pelayanan

Pasien telah melakukan pendaftaran di Puskesmas Wirobrajan atau mendapatkan rujukan secara internal atau eksternal untuk melakukan konsultasi psikologi di Puskesmas Wirobrajan.

  1.  

Sistem,  Mekanisme,  dan Prosedur

  1. Pasien melakukan pendaftaran untuk konsultasi Psikologi atau telah mendapatkan rujukan secara internal atau eksternal untuk ke Poli Psikologi;
  2. Pasien mengambil nomor urutan antrian di pintu Poli Psikologi yang telah disediakan;
  3. Pasien masuk ke ruangan sesuai nomor urutan antrian dan akan dipanggil oleh Petugas.
  4. Petugas  melakukan  identifikasi  pasien dengan mengecek rekam medis pasien.
  5. Petugas membangun building rapport kepada pasien dengan menanyakan kabar dan menyampaikan durasi waktu konsultasi psikologi.
  6. Petugas melakukan asesmen psikologi kepada Pasien dan menuliskan hasil asesmen pada formulir Rekam Pemeriksaan Psikologi.
  7. Petugas menentukan diagnosis Pasien.
  8. Petugas melakukan intervensi sesuai kebutuhan psikologis Pasien.
  9. Petugas membuat rencana tindak lanjut bersama Pasien untuk monitoring dan evaluasi perkembangan Pasien.
  10. Petugas dapat merujuk Pasien secara internal atau eksternal apabila dibutuhkan.
  11. Petugas melakukan terminasi kepada pasien untuk mengakhiri sesi.
  12. Petugas mempersilahkan pasien pulang, kemudian menulis hasil pemeriksaan di Rekam Medis dan Rekam Pemeriksaan Psikologi pasien.
  1.  

Jangka Waktu Pelayanan

  1. Konsultasi dan pemeriksaan maksimal 30 menit untuk Pasien Calon Pengantin, Ibu Hamil ANC Terpadu, dan Calon Haji.
  2. Konsultasi dan pemeriksaan maksimal 60 menit untuk Pasien Atas Permintaan Sendiri (APS) dan rujukan internal atau eksternal.
  1.  

Sarana dan Prasarana (Fasilitas)

  1. Meja dan kursi petugas;
  2. Sofa 1 set;
  3. Kursi pelayanan pasien;
  4. Komputer;
  5. Speaker musik untuk psikoterapi;
  6. Kipas Angin;
  7. Lemari dokumen; dan
  8. Alat Tes / Skrining Psikologi.
  1.  

Kompetensi Pelaksana

Psikolog Klinis (pendidikan minimal S2 Psikologi Profesi Peminatan Klinis).

  1.  

Jumlah Pelaksana

1 orang Psikolog Klinis.